Jumat, 16 September 2011

4. Jelaskan apa saja Lingkungan Bisnis?


·         Lingkungan Umum

Lingkungan umum meliputi beberapa factor yang mempengaruhi keseluruhan kegiatan bisnis secara tidak langsung. Lingkungan umum bisa disebut juga LIngkungan Makro.
Pengaruh dari factor-faktor lingkungan umum terhadap bisnis suatu perusahaan diantaranya :
a.      Politik
Masalah politik menyangkut tingkat pemusatan kekuatan politik, sifat organisasi politik, system partai, serta kesadaran politik msayarakat.
b.      Hukum
Meliputi sidat hokum, system hokum yang berlaku khususnya yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan.
c.       Sosial dan Budaya
Lingkungan social meliputi struktur golongan yang ada dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan. Beberapa pengaruh lingkungan sosial-budaya terhadap bisnis antara lain pengaruh adat-istiadat, persepsi masyarakat terhadap masalah bisnis, sikap masyarakat terhadap investor asing, dll [Pengantar Bisnis, Sri Wiludjeng; BAB II : 14]
d.      Perekonomian
Situasi perekonomian Negara yang stabil sudah tentu akan berpengaruh positif terhadap perkembangan bisnis di Negara yang bersangkutan.
e.      Pemerintah
Berbagai kebijakan pemerintah yang kondusif sangat berarti bagi perkembangan bisnis.
f.        Alam
Lingkungan alam menjadi factor penting bagi tersedianya input/bahan baku dalam proses produksi
g.      Teknologi
Meliputi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang industry dan fasilitas lain yang perkembangannya sangat pesat mempengaruhi perkembangan perusahaan.
h.      Demografi
Meliputi sumber tenaga kerja yang tersedia dalam masyarakat, angkatan kerja, tingkat kelahiran, tingkat kematian penyebaran penduduk, jenis kelamin, umur, dll.

·         Lingkungan khusus

Lingkungan khusus terdiri dari unsur-unsur dalam kegiatan system pasar yang mempengaruhi perusahaan.

a.      Pemasok
Perusahaan melakukan proses produksi dengan menggunakan berbagai bahan baku yang didapatkan dari para pemasok.
b.      Pelanggan
Pelanggan merupakan unsur vital dalam bisnis karena merekalah yang membeli dan mengkonsumsi produk yang dihasilkan perusahaan.
c.       Perantara
Para perantara meliputi pihak-pihak yang terlibat dan membantu menyampaikan produk agar dapat sampai ketangan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
d.      Pesaing
Pesaing merupakan perusahaan-perusahaan lain yang menghasilkan produk yang sejenis dengan produk perusahaan atau yang menghasilkan produk substitusi.
e.      Penyedia Modal
Aktivitas membutuhkan modal, terutama dalam bentuk dana untuk menjamin kelancaran operasi bisnis.
f.        Tenaga kerja
Pelaksana seluruh aktivitas bisnis dalam suatu perusahaan adalah para tenaga kerja didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar